OpenGL Primitives, Drawing 2D Object

Pada tutorial 01 telah diberikan contoh program untuk merepresentasikan model obyek segiempat 2D. OpenGL memiliki beberapa komponen dasar untuk merepresentasikan suatu obyek. Komponen dasar tersebut, disebut sebagai OpenGL Geometric primitives. Gambar 2 menggambarkan semua OpenGL Geometric primitives yang tersedia.

openGL Primitives

Setiap obyek harus dimodelkan sebagai kombinasi dari komponen-komponen dasar tersebut. Sebagai contoh, obyek segiempat pada tutorial 01 tersebut dimodelkan dengan menggunakan komponen dasar GL_POLYGON. Obyek tersebut dapat pula dimodelkan dengan komponen dasar GL_TRIANGLES atau pun GL_QUAD.

Secara umum perintah-perintah dalam OpenGL memenuhi aturan sebagai berikut:

openGL Commands

Dalam OpenGL, menggambar geometric primitives selalu dilakukan di antara fungsi

 glBegin(PRIMITIVES)

// Fungsi Menggambar Primitives di sini

glEnd()

 Setiap OpenGL geometric primitive dispesifikasi oleh urutan vertex-vertex-nya dalam bentuk urutan koordinat homogenous. Koordinat homogenous adalah koordinat dalam bentuk ( x, y, z, w ). Setiap primitive memiliki standar tentang bagaimana vertex-vertex diorganisasikan.

resource di sini

Comments are closed.